Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Melatih Keterampilan Siswa dalam Menulis

tik-melatih-keterampilan-menulis

Saat ini mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa SMP. Hal ini sesuai dengan peraturan menteri nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi satuan Sekolah Menengah Pertama yang mendukung program KTSP. Pada program KTSP ini diharapkan siswa mampu melatih keterampilan, memahami penggunaan TIK dan menggunakannya untuk memperoleh informasi secara benar.

Salah satu materi yang di berikan pada pelajaran TIK ini adalah internet. Perkembangan dari internet sendiri bisa kita lihat memang sangat cepat sekali, banyak pula dampak positif dan negatif yang bisa kita rasakan. Salah satu dampak positif dari perkembangan internet sendiri ialah menjamurnya tempat pembuatan webblog gratis yang bisa kita jadikan alat publikasi diri ke seluruh dunia.

Penggunaan TIK menjadi sebuah cara yang sangat efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi dan saling berkomunikasi. Teknologi yang digunakannya pun terbilang semakin canggih dari waktu ke waktu. Perkembangan TIK yang begitu cepat terkadang membuat kita belum siap untuk menggunakannya secara maksimal. Termasuk dalam pelajaran internet saat di sekolah. Siswa hanya diarahkan untuk mencari informasi saja, dan bukan untuk menciptakan sebuah informasi. Hal ini terlihat dari Standar Kompetensi (SK) dalam KTSP 2006 tentang pengarahan siswa untuk memahami dasar penggunaan internet / intranet dan mempergunakannya hanya untuk memperoleh informasi. Hal ini membuat para siswa kurang terlatih untuk menciptakan informasi sendiri. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya tugas sekolah yang ditugaskan oleh guru untuk mencari informasi di internet.

keterampilan-menulis-siswa-dengan-tik

Oleh karena itu perlu dicarikan solusi untuk mengurangi masalah ini. Salah satunya bisa diadakan pelatihan menulis dengan media blog kepada siswa, supaya mereka mempunyai kemampuan yang kreatif dalam menulis. Dengan begitu diharapkan para siswa nanti dapat mengekspresikan diri, melakukan sosialisasi, promosi dan berbagi kepada sesama.

Blog adalah tempat dimana kita dapat berbagi, menciptakan  informasi dan berkomunikasi antar sesama di seluruh dunia. Blog di internet banyak sekali mempunyai manfaat baik. Manfaat paling terasa dari blog sendiri adalah menumbuh kembangkan kekreatifan kita dalam menulis. Blog bila diibaratkan itu seperti buku tulis kosong yang siap untuk diisi dengan tulisan-tulisan orsinil kita. Dengan blog sendiri kita dituntut untuk membuat tulisan-tulisan kreatif yang enak untuk dibaca oleh semua orang.

Blog sudah menjadi trend dalam perkembangan TIK berbasis internet saat ini. Bahkan banyak diperlombakan oleh berbagai lembaga swasta maupun negeri. Aplikasi blog ini terbukti sangat membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah. Guru dapat menuliskan materi pelajarannya pada blog, dan para murid dapat mengaksesnya untuk dipelajari. Sehingga terciptalah sebuah proses pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dimana guru dituntut untuk dapat mengajarkan kepada muridnya dalam membuat blog di internet. Proses kekreatifan akan muncul dari pembuatan blog ini. Oleh karena itu diperlukan sebuah proses pembelajaran yang mengundang untuk siswa yang aktif, relatif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PARIKEM).

Baca Artikel Lainnya : https://tik-kreativitas.blogspot.com/2018/10/kolaborasi-kreatif-google-docs-dengan-murid.html

7 comments:

Powered by Blogger.