Mewujudkan Internet Sebagai Rekan dalam Pembelajaran yang Interaktif


internet-sebagai-rekan-pembelajaran-interaktif


Tahun ini merupakan tahun dimana era perkembangan teknologi dan informasi berkembang sangat cepat. Semua aspek bidang dalam kehidupan tak luput dari pengaruh teknologi dan informasi. Dalam bidang pendidikan sendiri pengaruh internet sangatlah vital. Kehadiran internet yang semakin marak menjadi bukti bahwa laju informasi di abad sains dan teknologi serta globalisasi semakin cerdas, sangat cepat dan sulit untuk dibendung. Internet tidak hanya mempunyai manfaat saja, tetapi terdapat pula konsekuensi dan efek negatifnya yang tidak kalah penting untuk kita perhatikan. Sehingga perlu adanya cara berpikir yang bijak dalam menggunakan internet. Sebisa mungkin kita harus menjadikan internet sebagai rekan di dalam pembelajaran yang interaktif dan menarik kedepannya.

Internet bukan objek kasat mata yang dapat kita pegang dan rasakan. Internet merupakan entitas organik kooperatif, bentuk digital pengalaman manusia, yang mampu menampung dan melayani berbagai bentuk informasi serta kepentingan. Internet serta penggunanya bersifat pribadi. Artinya orang-orang dapat memilih budaya dan konsep sesuai dengan keinginan mereka tanpa kewajiban dan paksaan. Disinilah dituntut kepekaan bagi para guru atau tenaga pendidik untuk bisa memilah milah mana yang sesuai dengan pancasila yang notabenenya adalah dasar dan prinsip negara Indonesia.

internet-rekan-kerja-dalam-pembelajaran-yang-interaktif


Pada pembelajaran di sekolah tidaklah boleh hanya mengandalkan guru sebagai sumber informasi satu-satunya. Sama halnya dengan pelajaran dan lingkungan sekitarnya. Internet menjadi media belajar yang sangat praktis untuk melengkapi semua media dan sumber informasi lainnya. Internet sangat banyak dalam memberikan kontribusi dalam membantu disetiap dimensi yang ada untuk selalu mendapatkan informasi up to date. Jaringan internet merupakan salah satu jenis jaringan yang populat dimanfaatkan, karenanya teknologi informasi mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan informasi dan berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama. Demikian juga dengan dunia pendidikan yang selalu mendapat informasi-informasi terupdate dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca artikel lainnya : https://tik-kreativitas.blogspot.com/2018/10/kolaborasi-kreatif-google-docs-dengan-murid.html

2 comments:

  1. Sekarang aku jadi tau, lebih termotivasi,thanks artikelnya

    ReplyDelete
  2. Maju terus... perkembangan tik.. good job!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.