Kolaborasi Kreatif Google Docs dengan Murid pada Pembelajaran di Sekolah
Banyak guru hampir di setiap sekolah memiliki jadwal rencana pembelajaran persemester yang berbeda, menyiapkan satu sampai dua kali pertemuan dalam seminggu, untuk mereview kembali pelajaran yang telah diajarkan kepada murid. Salah satu cara kreatif untuk mempermudah dalam mereview kembali pelajaran yang telah diajarkan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Docs dan "add-ons" di dalamnya untuk melakukan kolaborasi dengan para murid.
Kolaborasi dapat didefinisikan sebagai praktik kerja yang setiap individunya saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Disini kolaborasi yang dapat dilakukan dengan siswa bisa dengan mengingat kembali materi-materi yang telah diajarkan selama dua semester yang lalu. Setidaknya mereka dapat mengingat kembali materi-materi yang telah diajar dan bisa menjawab pertanyaan dengan tepat. Dalam rangka hal yang seperti ini para siswa harus siap mempersiapkan diri kembali untuk ujian akhir semester, dengan bentuk yang bersifat "paper based test".
Aktivitas yang bisa dilakukan sebagai berikut :
1. Membuat daftar dari topik pelajaran selama dua semester. Ketik dalam google docs. Lalu bagikan kepada murid, pastikan semua murid diberikan akses untuk mengeditnya, tapi bukan sebagai admin.
2. Setelah mereka telah mempunya soal yang sama. Para murid wajib untuk membuat min sepuluh soal sendiri, boleh dari buku pelajaran yang mereka punya sampai soal-soal dari internet. Tidak boleh sama satu dengan lainnya, terlebih lagi soal matematika yang mempunyai variasi soal yang beragam.
3. Semua soal yang telah murid buat haruslah mendapat persetujuan dari guru yang bersangkutan. Persetujuan ini dalam arti untuk memastikan soal yang berbeda, bernalar dan benar bisa dicari jawabannya. Soal yang telah disetujui bisa ditandai dengan kata "Oke" dari guru yang bersangkutan pada kolom komentar. Jika dirasa kurang tepat, maka bisa ditandai dengan kata "kurang tepat, perbaiki lagi". Apabila telah diperbaiki tandai dengan "mark as resolved".
4. Selain tugas membuat soal, mereka diwajibkan untuk menjawab soal dari teman-teman mereka, tidak boleh menjawab soal yang dibuat sendiri.
5. Kegiatan ini menghabiskan waktu 3 jam pelajaran 60 menit di dalam kelas. Sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Karena kegiatan ini bersifat online tidak menutup kemungkinan mereka memperbaiki jawaban mereka yang salah pada waktu jam belajar mereka sendiri.
Bentuk penilaian dari kegiatan ini adalah tetap individu. Rubrik penilaian (skaa 1 - 5) sebagai berikut :
1. Kriteria minimal soal 10, dengan topik yang berbeda.
2. Menjawab soal yang dibuat oleh temannya minimal sejumlah soal yang ada.
3. Tingkat kesulitan/bobot dalam soal dimasukkan ke dokumen.
4. Penggunaan gmath add-ons untuk mempresentasikan persamaaan / ekspresi / fungsi matematika didalam dokumen.
Berikut langkah menggunakan add-ons ini ke dalam Google Docs :
Di dalam dokumen
Menonton video jika dirasa sulit lalu install
Jika sudah terinstall, dapat membuat ekspresi matematika
Membuat Grafik
Membuat penampilan data statistik
Membuat tulisan tangan
Baca artikel lainnya : https://tik-kreativitas.blogspot.com/2018/11/guru-melek-tik-dalam-membimbing-siswa-menjadi-digital-citizen.html
Keren buanget wanjer.
ReplyDeleteHehe thx ya
DeleteKerenn nakkk. . Lanjutkan
ReplyDeleteSiapp bukk
DeleteAsik beud infonya nya... Semangat
ReplyDeleteDoakan pakk😂
DeleteWew, keren banget, lanjutkan
ReplyDeleteSiapp 45 bukk
Deletekerenn budd.. buat yg lain lagii wkwkw
ReplyDeleteSiapp manksss :v
DeleteJadi lebih mudah nih belajarnya
ReplyDelete👍👍👍
DeleteTerima kasih nak, jadi semangat mengajari nih
ReplyDeleteIyaaaa buk 😂
DeleteWaw keren nih
ReplyDeleteGimana? Udh termotivasi?
DeleteWidih sangat membantu infonya
ReplyDeleteIyaaaa dhik, jangann lupa makan yeee..
DeleteTerimakasih Infonya...
ReplyDeleteSiapppp 45 banggg
DeleteBagus, banyak informasinya baru tau niii
ReplyDeleteaseeeloleeee jangan bosen membaca yeee
DeleteKerennn
ReplyDelete